Jakarta, Kabarkansaja.id – Direktur Utama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Imam Teguh Saptono (kanan) menerima piala dari Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia Imam Hartono (tengah) didampingi Direktur Republika Nur Hasan Murtiaji (kiri) dalam Anugerah Syariah Republika 2025 di Jakarta, Senin (26/5/2025).
Aplikasi mobile banking dari Bank Muamalat, Muamalat DIN, meraih penghargaan kategori Reader’s Choice Mobile Banking Syariah dalam anugerah tersebut. Guna mewujudkan digital as a service, bank pertama murni syariah di Tanah Air ini terus mengembangkan layanan dan fitur Muamalat DIN agar dapat memenuhi kebutuhan layanan finansial dan spiritual nasabah. Pengembangan Muamalat DIN juga selaras dengan visi baru Bank Muamalat yakni Menjadi Jalan Hijrah Menuju Berkah.
“Alhamdulillah, lebih dari 90% transaksi nasabah Bank Muamalat sudah dilakukan di platform digital. Ini menandakan, layanan digital Bank Muamalat semakin kompetitif menawarkan solusi yang sesuai kebutuhan nasabah,” ujar Imam Teguh.
Kenyamanan bertransaksi di platform digital tersebut tecermin dari peningkatan pengguna dan transaksi di Muamalat DIN. Pelopor bank syariah di Indonesia ini mencatat, sepanjang kuartal pertama 2025, Muamalat DIN sudah diakses 673 ribu pengguna aktif. Jumlah tersebut tumbuh 18% secara year on year (yoy) dibandingkan kuartal pertama 2024.
Jumlah transaksi Muamalat DIN pada kuartal pertama 2025 mencapai 7,7 juta transaksi, tumbuh 30% yoy dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Volume transaksi pun tumbuh 24% yoy mencapai Rp9 triliun.
Guna mewujudkan digital as a service, bank pertama murni syariah di Tanah Air ini melakukan pengembangan layanan dan fitur Muamalat DIN. Fitur yang akan dihadirkan tak hanya untuk melayani kebutuhan transaksi, tapi juga memenuhi kebutuhan spiritual nasabah. Seperti, fitur Hijrah Amal agar nasabah mudah menunaikan zakat, sedekah, infak, dan wakaf, pembiayaan Solusi Emas Hijrah, serta fitur Bank Haji untuk mewujudkan niat nasabah menyempurnakan rukun Islam.
“Bank Muamalat tak hanya peduli pada keselamatan harta tapi juga spiritualitas nasabah dan dampak positif bagi lingkungan,” ungkap Imam.
Pengembangan Muamalat DIN agar semakin mumpuni selaras dengan visi baru Bank Muamalat yang telah dirumuskan yakni Menjadi Jalan Hijrah Menuju Berkah. Visi tersebut memiliki makna bahwa Bank Muamalat bertekad menjadi solusi hijrah terdepan bagi ekosistem bisnis dan keuangan syariah dengan kinerja keuangan yang berkelanjutan untuk mencapai keberkahan. (K1)